Sabtu, 26 November 2016

Gadis - Gadis Hebat Pelestari Kebudayaan

Mahasiswa Institut Seni Indonesia Surakarta dan mahasiswa Universitas Negeri Semarang jurusan Bahasa Jawa dan Seni Tari menampilkan pagelaran seni barong dalam acara Festival Barong Nusantara pada Sabtu (26/11) di kawasan blok terminal lama Blora atau yang sering dikenal dengan Blok T.
Tidak hanya para mahasiswa yang t
erlibat dalam pagelaran sebagai tokoh barongan, namun para mahasiswi juga terlibat sebagai pemeran barongan seperti yang dilakukan oleh Dina dan Silvi mahasiswi Unnes yang memiliki darah asli keturunan Blora.Meskipun mereka berdua adalah perempuan namun mereka mau untuk memerankan peran barongan yang menggunakan properti kepala barongan yang berat.
"Memang atas kemauan sendiri bukan karna dipilih, didalam seni tari kita dilatih terbiasa dengan beban berat. Meski demikian komunitas mahasiswa Blora bertekat untuk memajukan budaya tradisi barongan Blora", ucap Ridwan salah satu mahasiswa Unnes yang ikut dalam pagelaran Barongan Nusantara.
Para mahasiswa yang tergabung dalam komunitas mahasiswa Blora memang memiliki jiwa yang kuat untuk melestarikan kebudayaan mereka barongan asli Blora.(dn)
(ps: dua dari lima barongan dalam video tsb adalah perempuan bernama Dina dan Silvi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar